Penjelasan Dari Pakar Soal Penyakit Billie Eilish, Sindrom Tourette

Penjelasan Dari Pakar Soal Penyakit Billie Eilish, Sindrom Tourette

Penyanyi Billie Eilish mengaku telah sejak lama berjuang dengan sindrom Tourette. Diidap sejak kecil, masalah ini lebih-lebih sempat membuatnya enggan untuk tampil di wajah publik.
Pasang Bola
Apa itu sindrom Tourette?

Sindrom Tourette merupakan suasana yang terkait dengan sistem saraf. Sindrom ini membawa dampak para pengidapnya mengalami tanda-tanda tics bersifat gerakan atau suara berulang yang tak terkendali.

Hingga waktu ini belum diketahui penyebab pasti sindrom Tourette. Sejumlah penelitian perlihatkan bahwa sindrom ini merupakan suasana genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak.

Gejala sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish
Menurut CDC, tanda-tanda utama sindrom Tourette adalah tics.

Tics adalah suasana berulang yang muncul terhadap tubuh seseorang di luar kendali, mampu bersifat kedutan, gerakan, atau suara tiba-tiba. Orang dengan sindrom Tourette tak mampu menghentikan gerakan berulang tersebut. Misalnya, orang berikut berkedip konsisten menerus atau membawa dampak suara mendengus konsisten menerus.

Gejala sindrom Tourette biasa menjadi muncul waktu umur anak-anak dari 5-10 tahun. Gejala pertama yang sering muncul adalah tics motorik yang umumnya terjadi di tempat kepala dan leher.

Gejala tics ini umumnya memburuk didalam suasana stres atau menyenangkan. Gejala akan membaik kala pengidapnya tenang atau fokus terhadap suatu aktivitas.

Gejala ini mampu membaik atau sebaliknya jadi parah waktu dewasa.

Pengobatan sindrom Tourette
Hingga waktu ini belum ada obat untuk mengobati sindrom Tourette. Namun, ada sebagian penyembuhan dan perawatan untuk mengelola tanda-tanda tics yang muncul.