Sajian Tentang Cara Tetap Bugar saat Libur Natal dan Tahun Baru

Sajian Tentang Cara Tetap Bugar saat Libur Natal dan Tahun Baru

Libur akhir th. kala Natal dan th. baru kali ini terjadi di tengah pandemi Covid-19. Oleh dikarenakan itu, perlu bagi Anda untuk tetap sehat melindungi kebugaran.
Bandar Taruhan
Jangan sampai liburan kali ini justru mengakibatkan Anda jatuh sakit di th. yang baru. Berikut lebih dari satu langkah yang mampu dilaksanakan untuk tetap bugar sepanjang liburan.

1. Olahraga
Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Deta Tanuwidjaja menjelaskan, olahraga merupakan satu-satu langkah yang mampu dilaksanakan untuk menaikkan kebugaran.

“Tidak tersedia jalur lain. Mau enggak mau perlu olahraga untuk menaikkan kebugaran. Biar kuat laksanakan aktivitas dalam jangka kala yang lama, itu bugar,” kata Deta kepada CNNIndonesia.com, lebih dari satu kala lalu.

Deta memberi saran supaya setiap orang mampu meluangkan kala 30 menit untuk berolahraga aerobik di era liburan kali ini. Setiap orang dianjurkan untuk olahraga aerobik 3-5 kali sepekan dengan intensitas ringan sampai sedang. Olahraga aerobik yang mampu dilaksanakan adalah berjalan, berlari, dan bersepeda.

2. Makan yang teratur
Pastikan untuk tetap makan yang tertata sepanjang berlibur. Makan merupakan sumber nutrisi dan tenaga untuk melindungi tubuh tetap sehat dan bugar.

Selain makan yang teratur, menyimak pula asupan makanan antara karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Meski tengah libur, jaga porsi makanan supaya tak berlebihan.

“Tidak masalah makan burger atau pizza, namun cocok dengan asupan karbohidrat yang dibutuhkan. Misalnya burger, sudah tersedia roti untuk karbohidrat, selanjutnya daging, tinggal tambahkan sayuran lebih banyak, menjadi makanan lengkap,” tutur Deta.

3. Istirahat yang cukup
Saat liburan pastikan juga untuk tidur yang cukup. Orang dewasa dianjurkan untuk beristirahat 7-9 jam sehari. Tidur yang cukup membantu memberi tenaga dan tetap fokus dalam mobilisasi aktivitas sehari-hari.

4. Kelola stres
Meski tengah pandemi, berlibur tetap merupakan kala untuk bersenang-senang. Kelola stres Anda dengan laksanakan sejumlah aktivitas yang menggembirakan dengan keluarga kala berada di rumah.

Stres yang tinggi mampu memperburuk kebugaran mental dan menaikkan risiko sejumlah penyakit.